Jumat, 31 Agustus 2012

THR JAVA

-Tugas ini dibuat untuk memenuhi nilai pada Mata Pelajaran Java- 


Buatlah sebuah program dengan menggunakan bahasa java dengan  algoritma dan ketentuan berikut ini :
Program Menentukan Jumlah Bilangan Positif dan Negatif
Tools yang digunakan : Teks Editor (Notepad, Wordpad, Notepad++, Komodo, etc).

Algoritma
Input
Jumlah bilangan yang akan dimasukan : N
Bilangan ke 1 :
Bilangan ke 2 :
…………………
………………...
Bilangan ke N :

Output
Jumlah Bilangan Positif   :
Jumlah Bilangan Negatif :

Contoh :
Jumlah bilangan yang akan dimasukan : 5
Bilangan ke 1 : -5
Bilangan ke 2 : -7
Bilangan ke 3 : 9
Bilangan ke 4 : 4
Bilangan ke 5 : 2

Output
Jumlah Bilangan Positif   : 3
Jumlah Bilangan Negatif :  2


langkah pertama : membuat suatu project pada netBeans IDE 7.1 Beta

langkah kedua : membuat package pada project yang sudah dibuat tadi

langkah ketiga : membuat class sesuai dengan kebutuhan program

-class pertama(JumlahPOsitifNegatif)-

/*
 * To change this template, choose Tools | Templates and open the template in
 * the editor.
 */
package jml_positif_negatif;

import java.util.Scanner; // jadi import class liblary dari inputan keyboard

/**
 *
 * @author AXIOO
 *
 */

public class JumlahPositifNegatif { 
    int positif=0, negatif=0, bil; 
    /*      mendeklarasikan variable, pada variable positif dan negatif itu disertai 
            insialisasi */
    
    public int input(){ 
        int hasil;
        Scanner ReadInput = new Scanner(System.in);
        hasil = ReadInput.nextInt();
        return hasil;
    }
    /* bagian ini memakai accesor method(yang membutuhkan nilai kembalian)
     * baris kedu mendeklarasikan variable hasil yang mempunyai tipe data integer
     * baris ketiga membuat tempat inputan baru
     * baris keempat membaca masukan dari keyboard
     * baris kelima itu meminta nilai kembali dari hasil
     */
   
    public void Proses(int hasil){
        
    Scanner ReadInput = new Scanner(java.lang.System.in); 
    
    //looping
    for(int x=0 ; x < hasil ; x++) 
        {  
            // input data yang diinginkan , lalu menampilkan hasil looping sesuai dengan inputan user
            System.out.print("Input Bilangan " + (x+1) + " : ");
            bil = ReadInput.nextInt();
            
             // struktur conditional
            if (bil>0) 
               positif++; 
            else   
                if (bil<0) 
            negatif++; 

        }
   
       System.out.println("Output");
       System.out.println("Jumlah Bilangan Positif : "+positif); 
       System.out.println("Jumlah Bilangan Negatif : "+negatif); 
       /* menampilkan jumlah / hasil dari data yang di inputkan */
       
    }
}

-class kedua(JumlahPOsitifNegatifRun)-

/*
 * To change this template, choose Tools | Templates and open the template in
 * the editor.
 */
package jml_positif_negatif;

/**
 *
 * @author AXIOO
 */
public class JumlahPositifNegatifRun {
    public static void main(String[] args) {
       int inputan; //mendeklarasikan variable bernama inputan dengan tipe data integer 
       
         System.out.print("Jumlah Input : "); // menampilkan output 
         
         JumlahPositifNegatif jalankan = new JumlahPositifNegatif(); 
         // mengubah nama class menjadi suatu nama baru atau disebut instansiasi 
         
            inputan = jalankan.input(); //jadi ini proses pemanggilan method input di class jalankan 
            jalankan.Proses(inputan);  // jadi ini proses pemanggilan method proses di class jalankan 
         
    }
}


langkah keempat : Run program pada bagian class JumlahPositifNegatifRun


untuk lebih jelas silahkan download file .jar dan .class pada link dibawah

-makasih-


Jumat, 24 Agustus 2012

Java Identifier



Java Identifier adalah suatu tanda yang mewakili nama-nama variabel, method, class, dsb. Contoh dari Identifier adalah : Hello, main, System, out.

Pendeklarasian Java adalah case-sensitive. Hal ini berarti bahwa Identifier : Hello tidak sama dengan hello.

Identifier harus dimulai dengan salah satu huruf, underscore “_”, atau tanda dollar “$”. Hurufnya dapat berupa huruf besar maupun huruf kecil. Karakter selanjutnya dapat menggunakan nomor 0 smpai 9.

Identifier tidak dapat menggunakan kata kunci dalam Java seperti class, public, void, dsb. Selanjutnya kita akan berdiskusi lebih banyak tentang kata kunci dalam Java.

Petunjuk Penulisan Program:

1. Untuk pemberian nama dari class Java, diberikan huruf kapital untuk huruf pertama pada nama class. Untuk nama method dan variabel, huruf pertama dari kata harus dimulai dengan huruf kecil. Sebagi contoh:

ThisIsAnExampleOfClassName
thisIsAnExampleOfMethodName

2. Pada kasus untuk identifier lebih dari satu kata, menggunakan huruf kapital untuk
mengindikasikan awal dari kata kecuali kata pertama. Sebagai contoh, charArray,
fileNumber, ClassName.

3. Hindari menggunakan underscores pada awal identifier seperti _read atau _write. /* J.E.N.I */ 

Pernyataan dalam Java dan Blok



Pernyataan adalah satu atau lebih baris kode yang diakhiri dengan semicolon. Sebagai
contoh untuk pernyataan tunggal adalah

System.out.println(“Hello world”);

Blok adalah satu atau lebih pernyataan yang terbentang antara kurung kurawal buka dan kurung kurawal tutup yaitu sekumpulan pernyataan sebagai satu unit kesatuan. Blok pernyataan dapat dikumpulkan akan tetapi tidak secara pasti mempunyai keterkaitan fungsi. Beberapa jumlah spasi kosong diijinkan terdapat didalamnya, sebagai contoh dari suatu blok adalah :

public static void main( String[] args ){
System.out.println("Hello");
System.out.println("world");
}

Petunjuk Penulisan Program:

1. Pada saat pembuatan blok, Anda dapat meletakkan kurung kurawal buka pada baris
dengan pernyataan seperti contoh sebagai berikut ,

public static void main( String[] args ){

atau Anda dapat meletakkan kurung kurawal pada baris selanjutnya, seperti,

public static void main( String[] args )
{
2. Anda harus memberi jarak (indent) pernyataan selanjutnya setelah awal dari blok ,
seperti contoh berikut,

public static void main( String[] args ){
System.out.println("Hello");
System.out.println("world");
}

/* J.E.N.I */

Kamis, 23 Agustus 2012

Perkembangan Java




~~Perjalanan Awal

Mungkin bagi Anda sekalian, sering melihat count machine ketika Anda melakukan pembayaran di kasir supermarket. Banyak diantara count machine tersebut yang menggunakan pemrograman Java, biasanya di pojok kiri atas count machine terdapat logo 'secangkir kopi'.
Dengan lewat hal yang seperti itulah Java dapat terkenal bahkan terpakai dimana-mana. Dalam pengertiannya, Java adalah bahasa pemograman tingkat tinggi yang berorientasi objek, diedarkan oleh Sun Microsystem - Sebuah perusahaan berasal dari California yang membuat software dan hardware computer.
Didirikan tahun 1982 oleh Andeas Bechtolsheim, Vinod Khosla dan Scott Mc Neally. Perusahaan ini lebih terkenal karena pengembangan computer untuk system operasi UNIX- pada awal tahun 1996.

Perjalanan awal Java berawal di tahun 1991 ketika satu group insinyur-insinyur Sun, yang dipimpin oleh Ptrick Naughton dan James Gosling, ingin mendesain sebuah bahasa pemograman komputer yang berukuran kecil yang dapat digunakan untuk peralatan elektronika konsumen sepertu switchboxes TV kabel. Dikarenakan peralatan-peralatan ini menggunakan konsumsi daya dan memory yang rendah, maka bahasa pemograman tersebut harus berukuran sangat kecil. Juga karena setiap vendor menggunakan CPUs (Central Processing Unit) yang berbeda, maka bahasa tersebut harus bersifat multiplatfrom, tidak terikat hanya pada satu arsitektur (Architecture Neutral). Proyek ini diberi nama Green Project.

~~Perjalanan Kedua 

        Dalam perjalanan kedua, tumbuh proyek baru bernama Green Project. Karena harus bersifat Architecture Neutral, maka Green Project menggunakan Virtual  Machine (atau dikenal dengan Java Virtual Machine) yang berasal dari model implementasi bahasa Pascal di awal-awal perkembangan PC. Dikarenakan insinyur-insinyur Sun berlatar belakang Unix - Sistem operasi yang dikembangkan oleh Bell Labs pada awal tahun 1970-  jadi mereka mendasari bahasa pemograman mereka dengan C++ dari pada Pascal. Secara khusus mereka membuat bahasa mereka berorientasi obyek (object oriented), bukan berorientasi prosedur (procedural oriented) seperti model bahasa Pascal. Bahasa pemograman tersebut dinamakan Oak, kemudian diubah menjadi Java.

~~Perjalanan di Abad kini

         Seiring berjalannya waktu Java dipakai di berbagai perusahaan besar seluruh dunia. Menurut mereka, karena pada awalnya ditujuan untuk pemograman device kecil, Java memiliki karakteristik berukuran kecil, efisien, dan portable untuk berbagai hardware. Perkembangannya sempat terhenti karena tidak ada yang tertarik dan tidak memiliki pasar seperti yang diramalkan. Ketika teknologi internet berkembang, Java diarahkan untuk menjadi bahasa pemrograman internet karena fitur-fitur Java seperti Architecture Neutral, real time, reliable dan secure sangat sesuai untuk pengembangan internet. Dalam pendidikan, Java dikenalkan pada para murid lewat software NetbeansEclipse, atau JCreator.


Versi Perkembangan Java



Versi awal Java ditahun 1996 sudah merupakan versi release sehingga dinamakan Java Versi 1.0. Java versi ini menyertakan banyak paket standar awal yang terus dikembangkan pada versi selanjutnya:

§  java.lang: Peruntukan kelas elemen-elemen dasar.

§  java.io: Peruntukan kelas input dan output, termasuk penggunaan berkas.

§  java.util: Peruntukan kelas pelengkap seperti kelas struktur data dan kelas kelas 
penanggalan.

§  java.net: Peruntukan kelas TCP/IP, yang memungkinkan berkomunikasi dengan
 komputer lain menggunakan jaringan TCP/IP.

§  java.awt: Kelas dasar untuk aplikasi antarmuka dengan pengguna (GUI)

§  java.applet: Kelas dasar aplikasi antar muka untuk diterapkan pada penjelajah web.


Kelebihan & Kekurangan Java


Kelebihan
§  Multiplatform. Kelebihan utama dari Java ialah dapat dijalankan di beberapa platform / sistem operasi komputer, sesuai dengan prinsip tulis sekali, jalankan di mana saja. Dengan kelebihan ini pemrogram cukup menulis sebuah program Java dan dikompilasi (diubah, dari bahasa yang dimengerti manusia menjadi bahasa mesin / bytecode) sekali lalu hasilnya dapat dijalankan di atas beberapa platform tanpa perubahan. Kelebihan ini memungkinkan sebuah program berbasis java dikerjakan diatas operating system Linux tetapi dijalankan dengan baik di atas Microsoft Windows. Platform yang didukung sampai saat ini adalah Microsoft WindowsLinuxMac OS dan Sun Solaris. Penyebanya adalah setiap sistem operasi menggunakan programnya sendiri-sendiri (yang dapat diunduh dari situs Java) untuk meninterpretasikan bytecode tersebut.
§  OOP (Object Oriented Programming - Pemrogram Berorientasi Objek)
§  Perpustakaan Kelas Yang Lengkap, Java terkenal dengan kelengkapan library/perpustakaan (kumpulan program program yang disertakan dalam pemrograman java) yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya. Kelengkapan perpustakaan ini ditambah dengan keberadaan komunitas Java yang besar yang terus menerus membuat perpustakaan-perpustakaan baru untuk melingkupi seluruh kebutuhan pembangunan aplikasi.
§  Bergaya C++, memiliki sintaks seperti bahasa pemrograman C++ sehingga menarik banyak pemrogram C++ untuk pindah ke Java. Saat ini pengguna Java sangat banyak, sebagian besar adalah pemrogram C++ yang pindah ke Java. Universitas-universitas di Amerika Serikat juga mulai berpindah dengan mengajarkan Java kepada murid-murid yang baru karena lebih mudah dipahami oleh murid dan dapat berguna juga bagi mereka yang bukan mengambil jurusan komputer.
§  Pengumpulan sampah otomatis, memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga para pemrogram tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung (seperti halnya dalam bahasa C++ yang dipakai secara luas).

Kekurangan
§  Tulis sekali, jalankan di mana saja - Masih ada beberapa hal yang tidak kompatibel antara platform satu dengan platform lain. Untuk J2SE, misalnya SWT-AWT bridge yang sampai sekarang tidak berfungsi pada Mac OS X.
§  Mudah didekompilasi. Dekompilasi adalah proses membalikkan dari kode jadi menjadi kode sumber. Ini dimungkinkan karena kode jadi Java merupakan bytecode yang menyimpan banyak atribut bahasa tingkat tinggi, seperti nama-nama kelas, metode, dan tipe data. Hal yang sama juga terjadi pada Microsoft .NET Platform. Dengan demikian, algoritma yang digunakan program akan lebih sulit disembunyikan dan mudah dibajak/direverse-engineer.
§  Penggunaan memori yang banyak. Penggunaan memori untuk program berbasis Java jauh lebih besar daripada bahasa tingkat tinggi generasi sebelumnya seperti C/C++dan Pascal (lebih spesifik lagi, Delphi dan Object Pascal). Biasanya ini bukan merupakan masalah bagi pihak yang menggunakan teknologi terbaru (karena trend memori terpasang makin murah), tetapi menjadi masalah bagi mereka yang masih harus berkutat dengan mesin komputer berumur lebih dari 4 tahun.

Java Literals



Literals adalah tanda bahwa tidak terjadi perubahan atau konstan. Macam-macam literals dalam Java adalah : Integer Literals, Floating-Point Literals, Boolean Literals, Character Literals dan String Literals.

**Integer Literals

Integer literals dibedakan dalam beberapa format yang berbeda: desimal (berbasis 10), heksadesimal (berbasis 16), and oktal (berbasis 8).

**Floating-Point Literals

Default Floating point literals mempunyai tipe data double yang dinyatakan dalam 64-bit. Untuk menggunakan ketelitian yang lebih kecil (32-bit) float, hanya dengan menambahkan karakter “f” atau “F”.

**Boolean Literals

Boolean literals hanya memiliki dua nilai, true atau false.

**Character Literals

Untuk menggunakan character literals, karakter tersebut di dalam tanda single pute (' ') (single quote delimiters). Sebagai contoh huruf a, diwakili sebagai ‘a’.

**String Literals

String literals mewakili beberapa karakter dan dinyatakan dalam tanda double pute(“ ”)( double quotes). Sebagai contoh string literal adalah, “Hello World”. /* J.E.N.I */